Implementasi Digital Marketing dan Branding Produk Usaha Kelompok Wanita Tani Desa Jlegiwinangun Sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Di Bidang Ekonomi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asni Tafrikhatin
Uswatun Khasanah
Linda Noviasari
Juri Benedi
Sidik Purnomo
Ismail Kholid
Novita Nur Rahmawati

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Jlegiwinangun  menjual berbagai produk makanan dan minuman dari hasil pertanian. Namun pemasaran produknya masih belum maksimal, sehingga KWT menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital marketing dan branding produk usaha di KWTsebagai upaya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digital marketing melalui pelatihan penggunaan media sosial dan marketplace berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualan produk KWT. Selain itu, branding produk dengan pembuatan logo, kemasan menarik, dan sertifikasi halal turut meningkatkan nilai jual dan kepercayaan konsumen. Dampak dari program ini adalah peningkatan pendapatan anggota KWT sebesar 15% dan perluasan jangkauan pasar hingga ke kota-kota besar. Pemberdayaan perempuan melalui peningkatan keterampilan digital dan kemandirian ekonomi juga berdampak positif pada peran mereka dalam keluarga dan masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Asni Tafrikhatin, Khasanah, U., Linda Noviasari, Juri Benedi, Sidik Purnomo, Ismail Kholid, & Novita Nur Rahmawati. (2025). Implementasi Digital Marketing dan Branding Produk Usaha Kelompok Wanita Tani Desa Jlegiwinangun Sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Di Bidang Ekonomi . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 1074-1082. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2370

References

Asrifah, M. N., Prameswari, R. E., Anisa, C. N., Rismawati, P., Anggraini, N. A., & Mawwadah, W. (2023). Pengembangan Pemasaran Batik Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di UMKM Batik Art And Gallery Lochatara . Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(3), 424–430. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.430

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Fauzi, M. F., & Zurohman, A. (2023). Pengoptimalan Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Platform Online Shop pada Komunitas Kreatif Ibu-ibu di Kecamatan Wonotunggal. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(3), 475–479. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.599

Fitriany, Halim, Sri Endarti. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2008.

Nugraha, B. B., Khasanah, D. U., Rafif, M., Fadilah, R. A. N., & Azizah, R. (2023). Pendampingan Pemasaran Digital Pada UMKM Konveksi Aura Desa Kayen Lor Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri . Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(2), 235–241. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/433

Rizaldi. T, Putranto. H.A. 2017. Pemanfaatan E-Commerce sebagai StrategiPeningkatan Pemasaran UMKM. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2017 Politeknik Negeri Jember.

Siska, Meilya P.M, Silviana, Fiqia, and Burhan, Umar. (2006). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Makanan Dan Minuman Khas Gresik.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Zenker, Sebastian, Nicole Martin. 2011. Measuring success in place marketing and branding. Place Branding and Public Diplomacy Volume 7, Issue 1. Palgrave Macmillan UK

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>