Implementasi Digital Marketing dan Branding Produk Usaha Kelompok Wanita Tani Desa Jlegiwinangun Sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Di Bidang Ekonomi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Jlegiwinangun menjual berbagai produk makanan dan minuman dari hasil pertanian. Namun pemasaran produknya masih belum maksimal, sehingga KWT menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital marketing dan branding produk usaha di KWTsebagai upaya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digital marketing melalui pelatihan penggunaan media sosial dan marketplace berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualan produk KWT. Selain itu, branding produk dengan pembuatan logo, kemasan menarik, dan sertifikasi halal turut meningkatkan nilai jual dan kepercayaan konsumen. Dampak dari program ini adalah peningkatan pendapatan anggota KWT sebesar 15% dan perluasan jangkauan pasar hingga ke kota-kota besar. Pemberdayaan perempuan melalui peningkatan keterampilan digital dan kemandirian ekonomi juga berdampak positif pada peran mereka dalam keluarga dan masyarakat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Fauzi, M. F., & Zurohman, A. (2023). Pengoptimalan Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Platform Online Shop pada Komunitas Kreatif Ibu-ibu di Kecamatan Wonotunggal. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(3), 475–479. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.599
Fitriany, Halim, Sri Endarti. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2008.
Nugraha, B. B., Khasanah, D. U., Rafif, M., Fadilah, R. A. N., & Azizah, R. (2023). Pendampingan Pemasaran Digital Pada UMKM Konveksi Aura Desa Kayen Lor Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri . Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(2), 235–241. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/433
Rizaldi. T, Putranto. H.A. 2017. Pemanfaatan E-Commerce sebagai StrategiPeningkatan Pemasaran UMKM. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2017 Politeknik Negeri Jember.
Siska, Meilya P.M, Silviana, Fiqia, and Burhan, Umar. (2006). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Makanan Dan Minuman Khas Gresik.
Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Komputindo.
Zenker, Sebastian, Nicole Martin. 2011. Measuring success in place marketing and branding. Place Branding and Public Diplomacy Volume 7, Issue 1. Palgrave Macmillan UK