Pendidikan Instruktur Khusus Sekolah Lansia (Piksel) di PCA Sedayu
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pertumbuhan populasi lansia yang signifikan menuntut adanya program pendidikan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Pendidikan Instruktur Khusus Sekolah Lansia (PIKSEL) merupakan salah satu inisiatif yang bertujuan untuk mencetak instruktur yang kompeten dalam mendidik dan membimbing para lansia di lingkungan Sekolah Lansia. Program ini dilaksanakan di Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Sedayu, Kabupaten Bantul, dengan pendekatan yang integratif, mencakup aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual. PIKSEL dirancang agar para instruktur tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik, tetapi juga keterampilan dalam mendampingi lansia dengan pendekatan yang lebih humanis dan berbasis komunitas. Artikel ini membahas konsep, implementasi, serta evaluasi program PIKSEL dalam meningkatkan kapasitas para instruktur dan dampaknya terhadap peserta Sekolah Lansia
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Alvian Pramadani, H., & Heryanto, S. (2024). Implementasi Program Life Skills Dan Optimum Aging Bagi Lansia Di Asri Senior Day Care And Living Wiyung Kota SURABAYA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 1–12.
Amri, K., Fahruji, A., Nazwa, W. N., Kesehatan, F. I., Dirgantara, U., & Suryadarma, M. (2025). Penurunan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia Melalui Terapi Tertawa. Jurnal Bakti Dirgantara (JBD), 2(1), 20–26.
Azhar, M. L. M., Hardjanto, I., & Minto Hadi. (2013). Kemitraan Antara Pemerintah dan Swasta Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(5), 1048–1057.
Bakker, C., Tanjung, R., Anwar, S., & Ruben, A. (2024). Pendidikan Berbasis Komunitas untuk Lansia di Era Digital : Pendekatan Psikologi Positif. Journal on Education, 07(01), 6867–6873.
Cicih, L. H. M., & Agung, D. N. (2022). Lansia di era bonus demografi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 17(1), 1. https://doi.org/10.14203/jki.v17i1.636
Dea Andini, A., & Muhammad, P. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Interaksi Sosial Bagi Lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 5(1), 119–124.
Jariah, A., & Kusbaryanto. (2019). Efektivitas Program Pendidikan Lanjut Usia Terhadap Kualitas Hidup Lansia di Komunitas. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 1, 82–90.
Khairani, I., & Araudha, N. (2024). Peran Mahasiswa Dalam Program KKN 172 UINSU Terhadap. Journal of Human And Education, 4(5), 60–68.
Moch, A. R., & Suherman. (2016). Implementasi Kompetensi Instruktur Pada Pusat Pendidikan Dan Latihan Dasar (Pusdiklatsar) Paskibra Kabupaten SeranG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 1–23.
Mujiadi, & Rachmah, S. (2022). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. In STIKes Majapahit Mojokerto.
Pertiwi, Y. W., Gina, F., & Muzzamil, F. (2024). Optimalisasi Kesehatan Mental Lansia Melalui Kegiatan Hobi Mengelola lingkungan. Jurnal Psikologi Atribusi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.31599/7pth2w58
Prahasasgita, M. S., & Lestari, M. D. (2023). Stimulasi Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Buletin Psikologi, 31(2), 247. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.80371
Rambi, A. (2021). Program Pelatihan Kerja bagi Para Pencari Kerja oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Manado. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 10(1), 1–13.
Ricco Habil, & Berlianti, B. (2023). Kehidupan Ekonomi, Sosial, dan Kesehatan Lansia dalam Pengasuhan Keluarga di Lingkungan IV Galang Kota. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 108–121. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1764
Rizky, M. C., Darmawan, D., Suwito, S., & Saputra, R. (2023). Upaya Pemberantasan Korupsi : Tantangan Dan Langkah-Langkah Konkret Universitas Sunan Giri , Surabaya praktik korupsi sejak masa pasca kemerdekaan . Menurut Saputra dan
Firmansyah ( 2023 ),. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 407–419.
Rochman, U. H., Subarkah, A., & Mildawati, M. (2023). Pengalaman Pengabdian Masyarakat Saat Bencana Di Kabupaten Cianjur Psychosocial Support For The Elderly Through Pmr : Experience Of Community Service During Disaster In Cianjur District. JPM Bakti Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 4(2), 71–84.
Sarbani, Y. A., Mulyati, H., & Astuti, S. I. (2024). Literasi Digital, Lansia, dan Konstruktivisme. Scriptura, 14(1), 72–81. https://doi.org/10.9744/scriptura.14.1.72-81
Selano, M. K., Priyastuti, M. T., Nono, A. A., & Larasati, A. D. (2023). Peningkatan kualitas hidup para lansia dengan pendidikan kesehatan dan permainan jigsaw puzzle berbahasa inggris. Jurnal Peduli Masyarakat, 5(September), 845–850. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM
Sumiati Sumiati. (2024). Tinjauan Komprehensif Peran Ketua PKK Dalam Membangun Masyarakat Melalui Pendidikan dan Literasi. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 57–64. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.604
Tansidi, R. A., Husain, R. A., Rizky, N., Natasya, R., Topea, F. D., Putu, N., Praselia, S., & Suharto, N. (2024). Implementasi Terapi Life Review Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Madago Tentena. Madago Community Empowerment for Health Journal, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.33860/mce.v4i1.4050
Utami, N., Suherman, & Naim, M. (2023). Implementasi Kompetensi Pedagogik Instruktur dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 525–537. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4709