Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mira Veranita
Yuda Syahidin
Gunardi
Eki Dudi Darmawan

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, sungguh memberikan dampak yang cukup besar terhadap beberapa sendi kehidupan masyarakat, terutama pada sektor perekonomian, terutama UMKM.Masalah-masalah yang dihadapi UMKM tidak hanya membutuhkan campur tangan Pemerintah, tapi juga pihak lain, diantaranya Perguruan Tinggi. Tim PKM Politeknik Piksi Ganesha melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial berusaha untuk turut serta membantu meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan UMKM Dapur Kefir dalam melakukan promosi menggunakan platform Media Sosial Instagram sehingga diharapkan produk yang dihasilkan lebih dikenal oleh masyarakat sebagai konsumen, karena selain akan membantu UMKM dan masyarakat sekitar, Kefir juga terbukti sebagai nutrisi tambahan untuk bertahan dari virus Covid-19.Pelatihan berjalan dengan baik, walaupun pertemuan dan kontak langsung dibatasi. Beberapa rekomendasi bagi UMKM adalah: UMKM Dapur Kefir harus segera mengurus kelengkapan legalitas usaha, memiliki website resmi dan mendapatkan pelatihan fotografi dan membuat konten yang menarik sehingga bisa meningkatkan nilai promosi dan menggunakan media promosi lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mira Veranita, Yuda Syahidin, Gunardi, & Eki Dudi Darmawan. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 145-159. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.513

References

Awali, Husni. 2020. “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19.” Jurnal Balance -Jurnal Ekonomi Bisnis Islam 2(1): 1–14.

Dewi, Mentari, T Rusdiana, and N Putriana. 2018. “Manfaat Kefir Untuk Kesehatan Kulit.” Journal of Pharmaceutical 16(2): 80–86.

Hadiwinata, Khrisna, Hudriyah Mundzir, and Shohib Muslim. 2020. “Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Dan Branding Bisnis Di Era Pandemi Covid-19.” Senabisma 6(2): 62–68.

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Pacis 20(April).
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Silaningsih, Endang, and Putri Utami. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan.” Jurnal Sosial Humaniora 9(2): 144.

Sugiri, Dani. 2020. “Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dari Dampak Pandemi Covid-19.” Jurnal FOKBIS 19(1): 76–86.

Susanti, Ari, Budi Istiyanto, and Muhammad Jalari. 2020. “Strategi UKM Pada Masa Pandemi Covid-19 SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic.” Jurnal KANGMAS 1(2): 68.

Thaha, Abdurrahman Firdaus. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia.” jurnal Brand 2(1). //ejournals.umma.ac.id/index.php/brand%0Ae-ISSN : 2715-4920%0ADAMPAK.

Veranita, Mira, Yuda Syahidin, and Gunardi Gunardi. 2018. “Mengembangkan UKM Melalui Pelatihan Internet Marketing Di Kecamatan Lengkong Kota Bandung.” KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 1(1): 41–48.