Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, sungguh memberikan dampak yang cukup besar terhadap beberapa sendi kehidupan masyarakat, terutama pada sektor perekonomian, terutama UMKM.Masalah-masalah yang dihadapi UMKM tidak hanya membutuhkan campur tangan Pemerintah, tapi juga pihak lain, diantaranya Perguruan Tinggi. Tim PKM Politeknik Piksi Ganesha melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial berusaha untuk turut serta membantu meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan UMKM Dapur Kefir dalam melakukan promosi menggunakan platform Media Sosial Instagram sehingga diharapkan produk yang dihasilkan lebih dikenal oleh masyarakat sebagai konsumen, karena selain akan membantu UMKM dan masyarakat sekitar, Kefir juga terbukti sebagai nutrisi tambahan untuk bertahan dari virus Covid-19.Pelatihan berjalan dengan baik, walaupun pertemuan dan kontak langsung dibatasi. Beberapa rekomendasi bagi UMKM adalah: UMKM Dapur Kefir harus segera mengurus kelengkapan legalitas usaha, memiliki website resmi dan mendapatkan pelatihan fotografi dan membuat konten yang menarik sehingga bisa meningkatkan nilai promosi dan menggunakan media promosi lain.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Dewi, Mentari, T Rusdiana, and N Putriana. 2018. “Manfaat Kefir Untuk Kesehatan Kulit.†Journal of Pharmaceutical 16(2): 80–86.
Hadiwinata, Khrisna, Hudriyah Mundzir, and Shohib Muslim. 2020. “Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Dan Branding Bisnis Di Era Pandemi Covid-19.†Senabisma 6(2): 62–68.
Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.†Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Pacis 20(April).
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Silaningsih, Endang, and Putri Utami. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan.†Jurnal Sosial Humaniora 9(2): 144.
Sugiri, Dani. 2020. “Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dari Dampak Pandemi Covid-19.†Jurnal FOKBIS 19(1): 76–86.
Susanti, Ari, Budi Istiyanto, and Muhammad Jalari. 2020. “Strategi UKM Pada Masa Pandemi Covid-19 SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic.†Jurnal KANGMAS 1(2): 68.
Thaha, Abdurrahman Firdaus. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia.†jurnal Brand 2(1). //ejournals.umma.ac.id/index.php/brand%0Ae-ISSN : 2715-4920%0ADAMPAK.
Veranita, Mira, Yuda Syahidin, and Gunardi Gunardi. 2018. “Mengembangkan UKM Melalui Pelatihan Internet Marketing Di Kecamatan Lengkong Kota Bandung.†KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 1(1): 41–48.