Analysis of Steel Cutting Results Using a Semi-Automatic Oxy-LPG Gas Cutting Machine

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Achmad Aziizudin
Arif Hidayat
Sidik Purnomo

Abstract

Industri manufaktur baja merupakan salah satu bahan utama disetiap pembuatan alat. Baja sendiri memiliki ketebalan yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya, mulai dari 1 mm-20 mm. Semakin tebal baja yang digunakan, maka proses fabrikasi terutama pemotongan baja tersebut akan semakin sulit. Pada umumnya, alat yang digunakan untuk memotong baja yang tebal adalah Gas Cutting dengan jenis gas yang digunakan berupa Oksigen dan LPG (Liquified Petroleum Gas), atau bisa juga menggunakan gas Oksigen dan Acytelene, hal ini lebih efektif jika dibandingkan dengan memotong baja atau baja menggunakan gerinda potong. Tetapi operator yang mengoperasikan gas cutting ini sangat mempengaruhi kerapian hasil potongan. Dengan adanya masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil potongan baja atau baja menggunakan gas cutting Oxy-LPG semiotomatis, dan kemudian hasil penelitian ini dibandingkan dengan hasil potongan baja atau baja menggunakan gas cutting Oxy-LPG konvensional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Arif Hidayat, Politeknik LPP Yogtakarta

WA Number : 081227883566

How to Cite
Aziizudin, A., Hidayat, A., & Sidik Purnomo. (2023). Analysis of Steel Cutting Results Using a Semi-Automatic Oxy-LPG Gas Cutting Machine. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 7(2), 400-406. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v7i2.1518

References

[1] A. I. Tauvana and W. Widodo, “Analisis pemotongan logam ST-37 dengan mesin potong menggunakan gas oxy-LPG,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 9, no. 1, 2020, doi: 10.24127/trb.v9i1.1142.
[2] D. Hadzihafizovic, “Welding handbook For Gas Shielded Arc Welding, Oxy Fuel Cutting & Plasma Cutting.”
[3] E. S. D. F. P. Riyadi, “Pengaruh Laju Kecepatan Potong Pada Proses Pemotongan Menggunakan Gas Cutting Studi Kasus Kekasaran Permukaan Hasil Pemotongan Plat Tebal 12 mm Eko Slamet Riyadi Deqi Pajar Pratama,” 2019.
[4] O. F. Abdulateef and F. F. Mustafa, “Prediction The Effect of Flame Cutting Parameters On The Quality Of Metal Surface In CNC Flame Cutting Machine Using Artificial Neural Network,” 2010.
[5] S. Firman Akbar and B. Kusharjanta, “Pemotongan Plat Baja Dengan Gas Cutting Machine,” 2005.
[6] C. W. Nugroho and W. S. Pambudi, "Sistem Pengaturan Pembukaan Gas Acitelin Dan Oksigen Pada Scator Untuk Pemotongan Plat Baja". 2016.
[7] C. S. Ramakrishna, K. S. Raghuram, and B. Avinash Ben, “Process Modelling and Simulation Analysis of CNC Oxy-Fuel Cutting Process on SA516 Grade 70 Carbon Steel,” 2018.