Pengembangan Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Insan Cendekia Yogyakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah mengembangkan program PKL dengan cara memberikan wawasan kepada siswa tentang pentingnya kegiatan PKL. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Alat dan bahan yang digunakan adalah laptop dan power point. Hasil pengabdian masyarakat adalah menyampaian materi tentang tujuan, manfaat, dan alur pelaksanaan PKL
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Arifin, M. (2014). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Pada Instansi/Perusahaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.130
Atmawati, A., Samsudi, S., & Sudana, I. M. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13809
Edi, S., Suharno, S., & Widiastuti, I. (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 22. https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972
Habibah, I. F., & Dwijayanti, R. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self-Efficacy dan Internal Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 11(2), 142–151.
Mardiyah, S. U. K., Kumoro, J., Dwihartanti, M., Yuliansah, Y., & Kistiananingsih, I. (2019). Kesiapan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Program Studi Sekretari D3 Tahun 2018. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i1.24481
Nikmah, M. (2017). Pola Praktik Kerja Lapangan ( Pkl ) Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1, 1–12.
Paramitha, I. S., Limbong, M., & Simbolon, B. R. (2024). Implementasi Praktik Kerja Lapangan guna Meningkatkan Mutu Lulusan dan Kesiapan Kerja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 813–822.
Parsa, I. M., & Hadarawi, S. (2023). Praktik Kerja Lapangan dan Informasi Pekerjaan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Teknik Tenaga Listrik Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023 di SMK Negeri 2 Kupang. Jurnal Teknologi, 17(1), 1–8.
Priyono, Suprapto, E., Manesi, D., & Tnuanay, I. (2023). Evaluasi Implementasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 1–6.
Rahmawati, D.-, Karenina, Z., Farida, A., Komala, & Rohma, W. N. (2022). Implementasi Praktik Kerja Lapangan Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27590
Rizki, N. A., Suyadi, B., & Sedyati, R. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 89. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6452
Supriyanto, A., Miyono, N., & Abdullah, G. (2023). Manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam Peningkatan Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 837–843. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1313
Surokim, S. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 349–355. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4093
Wardani, F. S., Sulistyaningrum, C. D., & Susantiningrum. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Dalam Mempersiapkan Siswa Memasuki Dunia Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018. Jurnal Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 19–30.
Wilantara, B., Kurniawan, L., Fitriyanto, H., & Tegar, M. F. (2022). Pelatihan Update Teknologi Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Insan Cendekia Yogyakarta. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 498–504.