Pelatihan Update Teknologi Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Insan Cendekia Yogyakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bahtiar Wilantara Bahtiar
Lilik Kurniawan
Hanif Fitriyanto
Muhammad Fahbil Tegar
Arif Wibowo

Abstract

Peningkatan kualitas lulusan SMK dapat dilakukan dengan melakukan upskilling dan reskilling siswa kejuruan. Kegiatan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK Kejuruan melaui update teknologi otomotif materi EFI dan engine tune up. Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi adalah metode problem based learning dan demonstrasi. Setelah materi disampaikan selanjutnya dibandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa. Hasil pelatihan adalah kegiatan pengabdian update teknologi otomotif di SMK Insan Cendekia Yogyakarta berhasil dilakukan ditinjau dari nilai rata-rata siswa yang  â‰¤75 adalah 98%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bahtiar, B. W., Lilik Kurniawan, Hanif Fitriyanto, Muhammad Fahbil Tegar, & Arif Wibowo. (2022). Pelatihan Update Teknologi Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Insan Cendekia Yogyakarta. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 498-504. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.1072

References

Abadi, Aris. 2021. “Penilaian Keterampilan Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi Pada Uji Kompetensi Kejuruan Di SMK N 1 Tengaran 2021.” Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 16, no. 2: 98–106. https://doi.org/10.37729/autotech.v16i2.1210.
Apriyanto, Mulono, Indra Mudrika, and Ali Azhar. 2022. “Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Dalam Pengolahan Roti.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 3: 1963–71.
Bahtiar Wilantara, Hamid Nasrullah, Parikhin, and Firman Handoko. 2021. “Pelatihan Kompetensi Gambar Teknik Otomotif Siswa SMK Muhammadiyah Petanahan.” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2, no. 1: 60–65. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.479.
Gayatri, Askardiya Mirza, and Esti Indah Rahayu. 2015. “Pemberdayaan Siswa SMK Melalui Pelatihan Keterampilan Dengan Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Peluang Usaha.” Sosio-E-Kons 7, no. 3: 210–15.
Handoyono, Nurcholish Arifin, Rabiman Rabiman, Samsul Hadi, and Dianna Ratnawati. 2019. “Pelatihan Otomotif Bidang EFI (Electronic Fuel Injection).” Abdimas Dewantara 2, no. 2: 134. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.4368.
Haryana, Kir, Nirmala Adhi Yoga Pambayun, Lilik Chaerul Yuswono, and Sukaswanto Sukaswanto. 2018. “Peranan Program Pelatihan Dalam Memantapkan Kompetensi Profesional Guru Smk Tkr.” Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif 1, no. 1: 66–76. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21784.
Rezasyah, Teuku, Ivan Darmawan, and Affabile Rifawan. 2018. “Kesiapan Siswa SMK Dalam Revolusi Industri 4 . 0 .” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2: 114–19.
Siswiyanto, Nuresta, and Subagyo Subagyo. 2013. “Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perawatan Perbaikan Motor Otomotif (Ppmo) Dan Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Terhadap Prestasi Praktek Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2012/2013.” Taman Vokasi 1, no. 2: 344–56. https://doi.org/10.30738/jtvok.v1i2.127.
Sugiyatno, and Mugiarso. 2022. “Pelatihan Sukses Uji Kompetensi Bagi Siswa Teknik Komputer Dan Jaringan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Karya Guna 2 Bekasi.” PUNDIMAS, 44–51.
Suratijo, and Sofyan Herminarto. 2018. “The Relevance Of Light Vehicle Engineering Competence In Vocational Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Dengan.” Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif 23, no. 1: 27–33.