Pengenalan Menabung sebagai Bentuk Literasi Keuangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di MI Miftahus Salimin Tawangsari Jawa Timur

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Shyta Triana

Abstract

Literasi keuangan merupakan keterampilan dasar yang penting dikenalkan sejak usia dini untuk membentuk kebiasaan positif dalam mengelola uang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep menabung kepada siswa-siswi di MI Miftahus Salimin Tawangsari  sebagai bentuk awal pendidikan literasi keuangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan interaktif, simulasi praktik menabung, serta permainan edukatif yang disesuaikan dengan usia anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa antusias dan mulai memahami pentingnya menabung sebagai bentuk pengelolaan uang sederhana. Kegiatan ini juga mendorong terbentuknya perilaku hemat, disiplin, dan tanggung jawab dalam penggunaan uang saku mereka. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat dijadikan model edukasi literasi keuangan di lingkungan sekolah dasar lainnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Endang Shyta Triana. (2025). Pengenalan Menabung sebagai Bentuk Literasi Keuangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di MI Miftahus Salimin Tawangsari Jawa Timur. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(3), 1752-1763. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i3.2607

References

Anggraini, V., Rahmayanti, E., & Priyanto, A. (2023). Efektivitas Kegiatan Market Day untuk Mengembangkan Literasi Finansial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 39-45.
Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-Kecil Jago Finansial: Mendidikan Generasi Cerdas Finansial Sejak Dini. Laksana.
Febriani, E. F. (2019). Perancangan Informasi Celengan dari Masa ke Masa Melalui Buku dengan Ilustrasi (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69.
Halim, A. (2022). SIGNIFIKANSI DAN IMPLEMENTASI BERPIKIR KRITIS DALAM PROYEKSI DUNIA PENDIDIKAN ABAD 21 PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3).
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.
Mogelea, B., Setyaningsih, D., Sucihati, M., Wakulu, P. R., & Budiarti, E. (2023). Edukasi menabung dalam meningkatkan literasi finansial anak usia dini di TK Tunas Muda IKKT Jati Makmur. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1029-1038.
Nianti, N., & Hajeni, H. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(4), 4689-4696.
Purbonuswanto, W., Rejokirono, R., Maryono, M., Anastasya, C., Djufri, E., & Mulyono, R. (2024, September). Pendidikan keuangan sejak dini: Membangun kebiasaan menabung pada anak-anak. In AMONG: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. 77-86)
Putri, N., & Hasanah, U. (2024). PEMANFAATAN BOTOL BEKAS UNTUK PEMBUATAN CELENGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENABUNG PADA SISWA-SISWI SDN 106192 DESA BESAR II TERJUN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), 233-241.
Pratama, N. N., Ferdiyansyah, A., & Prihandoko, Y. (2024). Implementasi pembiasaan menabung dalam meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan| E-ISSN: 3062-7788, 1(3), 90-94.
Putri, E. K., Lestari, E., Maulidya, A., Nafiyah, I., & Adinugraha, H. H. (2023). Sosialisasi Kegiatan “Mari Gemar Manabung (Magema)” Pada Anak-Anak Di Desa Kebanggan Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 205-212.
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2022). Kritik terhadap teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).
Susanto, R. D., & Afriadi, I. (2025). Pelatihan Public Speaking sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa SMAN 63 Jakarta Melalui Metode Edukatif Partisipatif. Dharmahita: Journal of Community Service and Development, 58-67.
Susanti, P., & Fatimah, S. (2024). OPTIMALISASI KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN MELALUI KEGIATAN MENABUNG PADA ANAK USIA DINI. AKAD: Jurnal Ekonomi, Perbankan, dan Akutansi Syariah, 1(01), 24-34.
Thirafi, L., Akbarsyah, N., & Fauzan, F. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran. Farmers: Journal of Community Services, 4(2), 36-40.
Wulandari, D., Fauziah, N., Setiawan, U., Ridwanulloh, M. S., & Bagus, S. (2024). Pendidikan Literasi Keuangan Sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Finansial Pada Anak Sekolah Dasar. Risâlah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(2), 863-869.
Zulfah, S., & Anggraini, S. (2023). Penyuluhan pentingnya menabung sejak dini pada Generasi Z di Al Fityan School Tangerang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.

Most read articles by the same author(s)