Pengenalan Menabung sebagai Bentuk Literasi Keuangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di MI Miftahus Salimin Tawangsari Jawa Timur
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Literasi keuangan merupakan keterampilan dasar yang penting dikenalkan sejak usia dini untuk membentuk kebiasaan positif dalam mengelola uang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep menabung kepada siswa-siswi di MI Miftahus Salimin Tawangsari sebagai bentuk awal pendidikan literasi keuangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan interaktif, simulasi praktik menabung, serta permainan edukatif yang disesuaikan dengan usia anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa antusias dan mulai memahami pentingnya menabung sebagai bentuk pengelolaan uang sederhana. Kegiatan ini juga mendorong terbentuknya perilaku hemat, disiplin, dan tanggung jawab dalam penggunaan uang saku mereka. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat dijadikan model edukasi literasi keuangan di lingkungan sekolah dasar lainnya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-Kecil Jago Finansial: Mendidikan Generasi Cerdas Finansial Sejak Dini. Laksana.
Febriani, E. F. (2019). Perancangan Informasi Celengan dari Masa ke Masa Melalui Buku dengan Ilustrasi (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69.
Halim, A. (2022). SIGNIFIKANSI DAN IMPLEMENTASI BERPIKIR KRITIS DALAM PROYEKSI DUNIA PENDIDIKAN ABAD 21 PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3).
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.
Mogelea, B., Setyaningsih, D., Sucihati, M., Wakulu, P. R., & Budiarti, E. (2023). Edukasi menabung dalam meningkatkan literasi finansial anak usia dini di TK Tunas Muda IKKT Jati Makmur. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1029-1038.
Nianti, N., & Hajeni, H. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(4), 4689-4696.
Purbonuswanto, W., Rejokirono, R., Maryono, M., Anastasya, C., Djufri, E., & Mulyono, R. (2024, September). Pendidikan keuangan sejak dini: Membangun kebiasaan menabung pada anak-anak. In AMONG: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. 77-86)
Putri, N., & Hasanah, U. (2024). PEMANFAATAN BOTOL BEKAS UNTUK PEMBUATAN CELENGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENABUNG PADA SISWA-SISWI SDN 106192 DESA BESAR II TERJUN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), 233-241.
Pratama, N. N., Ferdiyansyah, A., & Prihandoko, Y. (2024). Implementasi pembiasaan menabung dalam meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan| E-ISSN: 3062-7788, 1(3), 90-94.
Putri, E. K., Lestari, E., Maulidya, A., Nafiyah, I., & Adinugraha, H. H. (2023). Sosialisasi Kegiatan “Mari Gemar Manabung (Magema)” Pada Anak-Anak Di Desa Kebanggan Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 205-212.
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2022). Kritik terhadap teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).
Susanto, R. D., & Afriadi, I. (2025). Pelatihan Public Speaking sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa SMAN 63 Jakarta Melalui Metode Edukatif Partisipatif. Dharmahita: Journal of Community Service and Development, 58-67.
Susanti, P., & Fatimah, S. (2024). OPTIMALISASI KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN MELALUI KEGIATAN MENABUNG PADA ANAK USIA DINI. AKAD: Jurnal Ekonomi, Perbankan, dan Akutansi Syariah, 1(01), 24-34.
Thirafi, L., Akbarsyah, N., & Fauzan, F. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran. Farmers: Journal of Community Services, 4(2), 36-40.
Wulandari, D., Fauziah, N., Setiawan, U., Ridwanulloh, M. S., & Bagus, S. (2024). Pendidikan Literasi Keuangan Sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Finansial Pada Anak Sekolah Dasar. Risâlah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(2), 863-869.
Zulfah, S., & Anggraini, S. (2023). Penyuluhan pentingnya menabung sejak dini pada Generasi Z di Al Fityan School Tangerang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.