Pelatihan Berbasis Industri Sebagai Upaya Peningkatan Kesiapan Kerja Siswa SMK Muhammadiyah 2 Tempel

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bambang Sudarsono
Fatwa Tentama
Surahma Asti Mulasari
Tri Wahyuni Sukesi
Sulistyawati
Fanani Arief Ghozali
Herman Yuliansyah
Lu'lu' Nafiati
Bahtiar Wilantara

Abstract

Pengangguran siswa SMK menempati jumlah tertinggi di Indonesia. Jumlah lulusan SMK yang terus meningkat akan menimbulkan permasalah baru jika tidak diimbangi dengan peningkatan mutu kesiapan kerja. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, ketrampilan kerja dan pemahaman budaya kerja industri bagi guru. PkM dilaksanakan di Muhammadiyah 2 Tempel pada bulan Agustus dan September dengan metode perencanan, pelaksanaan, penilaian, dan evaluasi. Hasil yang dicapai pada program PKM ini adalah terciptanya keaktifan peserta dalam berdiskusi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bambang Sudarsono, Fatwa Tentama, Surahma Asti Mulasari, Tri Wahyuni Sukesi, Sulistyawati, Fanani Arief Ghozali, Herman Yuliansyah, Lu’lu’ Nafiati, & Bahtiar Wilantara. (2022). Pelatihan Berbasis Industri Sebagai Upaya Peningkatan Kesiapan Kerja Siswa SMK Muhammadiyah 2 Tempel. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 382-389. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.1015

References

I. Indriaturrahmi and S. Sudiyatno, “Peran Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Penyelenggaraan Smk Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Mataram,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI PALEMBANG, vol. 6, no. 2, pp. 162–172, 2016, doi: 10.21831/jpv.v6i2.6277.
B. Sudarsono and T. Sukardi, “DEVELOPING A MODEL OF INDUSTRY-BASED PRACTICUM LEARNING,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 1, p. 43, 2017, doi: 10.21831/jpv.v7i1.12886.
B. Sudarsono, “Competency Evaluation of Automotive Vocational School Graduates,” Vanos J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 149–154, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/9296/6556.
B. Sudarsono, “Industrial-based practical learning development for teacher competence of automobile technology,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1446, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1446/1/012062.
S. Vaporizki, “Pada Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Logam Dan Perhiasan Smkn 12 Surabaya,” J. Din. Manaj. Pendidkan, vol. 2, no. 1, pp. 71–81, 2018.
W. Yudistira, Rabendra;Ramadhani, Nugrahardi;Denny Indrayana, Setyadi;Hadi, “Studi Kurikulum SMK Berbasis Industri Kreatif di Indonesia Timur,” J. Imajin., vol. 10, no. 2, pp. 153–158, 2016.
S. Sunarto and D. Supriadi, “Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran SMK dalam Memenuhi Tantangan Revolusi Industri 4.0,” Taman Vokasi, vol. 7, no. 2, p. 190, 2019, doi: 10.30738/jtv.v7i2.6308.
A. Mukhlason, T. Winanti, and E. Yundra, “Analisa indikator smk penyumbang pengangguran di provinsi jawa timur,” J. Vocat. Tech. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 29–36, 2020, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/10607.
I. Widiaty, “Relevansi Kurikulum Smk Berbasis Industri Kreatif Dengan Metode Extrapolation and the Econometric Approach,” Innov. Vocat. Technol. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 29–42, 2017, doi: 10.17509/invotec.v9i1.4882.
Sunyoto, “Perluasan Sekolah Menengah Kejuruan Dan Implikasinya Terhadap Kebutuhan Guru,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 36, no. 2, pp. 146–156, 2007.
B. Sudarsono, U. A. Dahlan, and C. Author, “Development of Work-Based Learning Models Based on Work Readiness (WBL-WoRe),” J. Iqra’, vol. 7, no. 1, pp. 44–62, 2022.
N. Maryanti and D. Apriana, “Kompetensi Siswa SMK dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0,” J. DinaPROSIDING Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI PALEMBANGmika Manaj. Pendidkan, pp. 633–642, 2019.
B. Nurcahyono, R. Retnowati, and E. Sutisna, “Implementasi Kurikulum Berbasis Industri Di Smk Mitra Industri Mm2100 Cikarang - Bekasi,” J. Manaj. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 81–88, 2020, doi: 10.33751/jmp.v8i2.2760.
S. Vaporizki, “MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI KREATIF PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KRIYA KREATIF LOGAM DAN PERHIASAN SMKN 12 SURABAYA,” J. Din. Manaj. Pendidkan, vol. 2, no. 1, pp. 71–81, 2017.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>