Pelatihan Media Pembelajaran Online Pada Guru SDN 1 Pliken Sebagai Alternatif Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Azis
Dwi Krisbiantoro
Riyanto

Abstract

Sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global dan BNPB menetapkan status darurat Nasional, bahkan ditetapkan sebagai kejadian luar biasa di Kabupaten Banyumas, membuat semua Sekolah juga memberlakukan Bekerja dari Rumah sejak Maret 2020 SD Negeri 1 Pliken beralamat di jalan raden patah no 1 Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Dimasa pandemi corona 19 semua Sekolah diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau online. Dalam pelaksanaan saat ini masih menggunakan aplikasi media sosial seperti whatsapp. Pembelajaran ternyata Guru mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi peraga dan penjelasan secara visual, Guru dapat membuat media pembelajaran secara online sehingga mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara daring. Guru serta siswa dapat saling berkomunikasi walaupun tidak tatap muka secara langsung dan dapat menjalankan proses pembelajaran

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Abdul Azis, Dwi Krisbiantoro, & Riyanto. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Online Pada Guru SDN 1 Pliken Sebagai Alternatif Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 206-213. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.522

References

Asyhar, K. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Penerbit: Referensi.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Kurnia, E. D., & Nugroho, Y. E. (2017). Pelatihan pembuatan media pembelajaran aksara jawa bagi guru bahasa jawa sma di kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 101-112. doi: 10.30653/002.201722.22.
Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x
Lestari, D. (2008). Metode Expository Teaching terhadap Perilaku CTPS.Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.Masrul, Leon A.A, Tasnim, dkk. (2020).
Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Susilawati, R. Falefi, and A. Purwoko. (2020). “Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia,” Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 1147–1156, 2020, doi: 10.33258/birci.v3i2.954.
Rahmad. (2021). Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Luring Masa Pandemi Covid 19 Di SD Kecil Paramasan Atas. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3227
Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585–589. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2013.06.111