Pelatihan OBS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru SD Negeri 1 Pliken Pada UPK Kec. Kembaran Banyumas
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kemajuan di bidang teknologi menjadi tantangan tersendiri dan menjadi peluang yang dapat dikembangkan dalam peningkatan pola belajar dan pembelajaran. Salah satu permasalahan yang sering ditemui secara umum pada guru di UPK Kec. Kembaran adalah keterbatasan dalam hal kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi media pembelajaran berbasis teknologi sehingga guru dalam memberikan materi hanya sebatas mengandalkan Whatsapp group dan siswa mengerjakan soal-soal di LKS, hal ini berdampak kepada siswa menjadi jenuh dalam belajar secara online. Jika berlangsung cukup lama siswa stress secara psikologi dan malas untuk belajar. Solusinya dengan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi. Pelaksanananya melalui materi secara teori dan praktik, sampai tahapan evaluasinya. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian secara langsung dalam kelas dan drill practice. Target yang dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi agar menciptakan media pembelajaran yang menarik dan dan mudah diterima oleh siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
B. Soenarko et al., “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri,†vol. 1, no. 2, pp. 96–106, 2018.
Kemdiknas, “Undang-Undang Sisdiknas,†vol. 0932, no. 1, pp. 147–173, 2003.
Kurnia, E. D., & Nugroho, Y. E. (2017). Pelatihan pembuatan media pembelajaran aksara jawa bagi guru bahasa jawa sma di kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 101-112. doi: 10.30653/002.201722.22.
M. Hoxley and R. Rowsell, “Using Video in the Construction Technology Classroom,†Archit. Eng. Des. Manag., vol. 2, no. 1–2, pp. 115–122, Jan. 2006.
Maryuliana, I. M. I. Subroto, and S. F. C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert,†J. Transistor Elektro dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2016
P. Wahyono, H. Husamah, and A. S. Budi, “Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring,†J. Pendidik. Profesi Guru, vol. 1, no. 1, pp. 51–65, 2020.
Reynaldo, “Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan Sahabatku Siswa Kelas V Sdn Tanjungsari 97 Surabaya,†J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, p. 254751, 2018.
Rahmad. (2021). Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Luring Masa Pandemi Covid 19 Di SD Kecil Paramasan Atas. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3227
Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pengabdian Masyarakat.